Jumat, 26 Maret 2010

Listrik BYARPET

Peralatan Elektronik Warga Kobong Mendadak Gara-Gara "Listrik BYARPET"

GUNUNGKIDUL - Diduga akibat tegangan listrik yang tidak stabil, peralatan elektronik milik warga Sumberejo Ngawu Playen terbakar secara mendadak Jumat (26/3) kemarin.
Akibat tidak stabilnya arus tegangan listrik tersebut tercatat sedikitnya 4 unit TV, 1 Unit Playstasion dan 1 Unit Komputer.
Ratminingsing (43) warga Sumberejo Ngawu Playen kepada PEMBURU mengungkapkan kejadian ini terjadi saat dirinya sedang menonton acara TV. Secara mendadak TV mati dan keluar asap. Saat dirinya menyalakan lampu secara tiba-tiba lampu menyala kadang terang kadang redup. Karena takut akan gterjadi kebakaran pada peralatan yang lain, Ratminingsih langsung mencabut kabel TV yang terhubung dengan stop kontak dan mematikan saklar meteran.
Selang tak terlalu lama, Giyono (63) dan Yanto (43) warga sekitar juga mengalami kejadian yang sama. Bahkan, Yanto mengungkapkan bahwa selain TV, satu unit Playstasion miliknya juga ikut terbakar.
“Kejadiannya terjadi saat saya mau menonton bola, tiba-tiba TV mati begitu saja dan mengeluarkan asap disusul I unit Playstation.“ ujar Yanto.
Kejadian serupa juga terjadi di dusun Playen I Playen, satu unit TV milik Sarjono (46) juga terbakar. Anehnya TV miliknya terbakar saat sedang dalam keadaan mati. Hanya saja kabel TV masih terhubung ke terminal.
Terkait banyaknya peralatan elektroniok milik warga yang terbakar, Manajer PT. PLN UPJ Wonosari, Yun Handoyono ketika ditemui PEMBURU mengatakan rusaknya bebeapa peralatan elektronik milik warga bukan disebabkan karena alasan teknis.
“Kerusakan tersebut bukan disebabkan kareana masalah teknis, kami telah melakukan pemeliharaan saluran jaringan secara rutin dan berkala. “ ujarnya.
Yun Handoyo menjelaskan faktor penyebab kerusakan tersebut berasal dari alam, salah satunya petir. Petir yang menyambar akan mencari saluran jaringan yang baik. Salah satunya Trafo. Dan dimungkinkan jika terjadi terus menerus berdampak pada kerusakan komponen-komponen dalam Trafo yang membuat tidak stabilnya jaringan listrik.
Menindak lanjuti kerusakan peralatan elektronok milik warga pihaknya mengaku siap membantu dengan menyiapkan tenaga teknis untuk melakukan perbaikan.(gng)

1 komentar:

  1. Kok PLN nyalahke petir? Jadi secara tidak langsung, Aryo Penangsang turut terlibat dibalik peristiwa rusaknya beberapa barang elektronik milik warga?

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.